UKP Pun berakhir


Akhirnya ujian yang menjadi salah satu penentu kelulusan produktif pun selesai aku tempuh. Betapa lelah, penat dan letih kurasakan..wkaka. Yang penting, aku harap ujian ini benar – benar murni dari usahaku dan tanpa bimbingan dari pengawas sehingga nilainya maksimal.

Ujian membuat Server ini pun ditempuh dengan 2 hari yang cukup membuat otak ini lelah.Huah..tiap pulang sekolah, rasanya ingin tidur . Ngantuk, pegel dan capek. Yach…ini juga demi nilai yang maksimal seperti yang beliau, Kajur dan Tutor lain katakan gitu. Hari pertama kita disuruh menginstal PC Client dengan OS Windows XP dan PC Server dengan Linux Debian Woody 3.0 r.6 serta setting Access Point.

Dari sisi Client, ya walopun sering nginstal OS di rumah cukup lama wat ngotak – atik PCnya. Apa lagi pc nya sering nge-Hang, gak mau masuk ke dekstop, tak ada apa – paa di layar…wuih..penuh dengan cobaan. AP nya pun blum yang update. Lalu ngrimping Kabel UTP konfigurasi Cross dan Straight yang nantinya digunakan dihari kedua.Di sisi Server, diinstal Linux yang nantinya dikonfigurasi DNS Server, DHCP Server, Apache Web Server, PC Router dan Proxy Server. Intinya membangun Server agar PC Client terhubung dengan Internet dan mendapat IP dinamis serta dikenai proxy untuk memblokir situs – situs tertentu. Semua soal ditanyakan ketika kita sudah selesai mengkonfigurasi PC Client dan Server. Jadi, harus benar – benar teliti dan fokus serta sesuai soalnya.

Hari pertama pun selesai pukul 11 an. Harusnya selesai sebelum itu, berhubung PC Client nya banyak masalah, ya..gitu lah. Hari kedua pun berjalan cukup lancar. Konfigurasi server di setting semua hingga Client dapat mengakses internet. Terus dapat IP otomatis, Web Serverpun bisa dibuat dan diakses Client sampai memblokir situs – situs tertentu.

Di lab hardware 2 ini, alhamdulillah selesai pertama. Ku hargai perjuangan ku dan teman-teman nglembur di malming sampai setengah tujuh. Untungnya…ilmupun didapat walaupu latihan malming itu cuma sampai DHCP dan belum bisa memproxy.

Yah…itulah sedikit kisahku yang menegangkan dan mampu membuat tubuh ini lelah. Habis UKP,.ikut pelajaran pun ogah-ogahan. Bahkan sekelas kompak nggak ikut les  sampai akhir.Hahaha.

Sukses buat kita semua, LULUS 100%!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s