Perjuangan Hidup


Setiap orang sih katanya dan ini memang sudah menjadi rahasia umum, punya jalan cerita hidupnya masing – masing. Entah itu jalan yang lurus, belak – belok, berliku, mulus, mulai dari jalan ke kiri jalan terus, ke kiri ikuti lampu sampai lurus jalan terus. Bahkan, jalan yang berlubang, becek, gak da ojek pernah dilalui oleh ku , mungkin juga semua orang di dunia ini. Hanya saja, tergantung kita mejalani, melakoni, dan menikmati langkah demi langkah hidup ini. Yah, boleh dibilang Takdir itu memang ada dan ada yang bisa dirubah dan ada yang tidak bisa dirubah. Mulai dari perubahan kecil sampai kita benar – benar merubah takdir itu secara total /berlebihan, disebut juga nyalahi kodrat. Astaghfirullah.

Perjalanan ini merupakan perjalanan yang memang sudah diatur oleh Sang Sutradara yang punya Maha maha dan Maha. Dialah yang telah menentukan kita berperan sebagai apa di dunia ini. Jadi, mau tidak mau kita memang harus menjalaninya sesuai dengan kemampuan kita dan ikhtiar kita. Temen – temen ku punya statement bahwa Tuhan punya rahasia yang super indah buat kita, walaupun saat ini kita dirundung duka bencana pilu dan mungkin cobaan ini begitu berat, tapi kita sih harus yakin bahwa Dia memang sedang menguji kadar keimanan kita, kuat lemah kental atau cair, tergantung kita menyikapinya.Kita pasti pernah mendapatkan cobaan yang berat, begitu kata D’masiv lewat lagunya “Jangan Menyerah”. Bahkan hidup ini seakan tak ada artinya lagi. Keadaan yang mungkin membuat hidup ini sulit, dan sulit juga untuk keluar dari cobaan ini bisa membuat sebagian orang mengambil jalan pintas. Sebagai contohnya nich, seorang pelajar yang harus terpaksa dan bahkan memang sudah niat mencontek saat ulangan. Benarkah perbuatan ini? Di satu sisi, kita harus mendapatkan nilai yang maksimal atau paling tidak di atas standar (ketuntasan kompetensi minimal=KKM). Dia beranggapan, yang penting lulus ulangan. Entah bagaimanapun itu caranya. Namun, di sisi lain perbuatan itu juga salah, karena kita mencontek. Lalu gimana dengan mereka yang berusaha jujur namun mendapat nilai kurang atau pas – pasan? Adilkah ini semua?

Bahkan tak sedikit para guru mendidik muridnya dengan berkata saat menjelang ujian, ” Lebih baik kalian dapat nilai yang rendah atau kurang tapi jujur dari pada dapat nilai bagus namun diperoleh dengan cara yang tidak jujur”. Cukup sudah pernyataan tersebut, toh nyatanya kejuruan kita saat ini banyak dihiraukan oleh para guru. Banyak yang nyontek namun tidak ketahuan, tetapi dapat nilai bagus. Nyatanya juga dibiarkan begitu saja. Tapi, anak yang jujur dengan kemampuan seadanya dapat nilai jelek, akhir dan ujung – ujungnya juga remidial. Bearti kejuruan itu memang sulit gampang gampang susah. Lho….Yah, hanya Dia yang tahu sisi baik dan sisi buruk kita.

Kembali ke jalan yang lurus, perjuangan di dunia ini ibarat seorang yang berjuang di jalanNya. Ya, memang kita sedang berjuang di jalanNya. Kita dituntut untuk selalu berusaha melakukan yang terbaik agar kelak di peradilan Tuhan yang dijamin adil dan seadil – adilnya meja hijau, juga mendapat balasan yang setimpal dan sebaik – baiknya. Amin. Dan itulah yang dinantikan oleh semua umat, masuk surga tanpa antre dan menunggu lama. Sukses lah di akhirat nanti. Amin.

Begitu juga kurasakan akhir – akhir ini, katanya Tuhan mempersiapkan kejutan hebatNya buat umatNya yang bersabar. Rahasia indah itu yang sebagian sudah tersurat dan tersirat di dalam Alquran. Begitu dahsyat dan indahnya bau surga. Baunya saja sudah membuat orang yang berjuang di jalan Allah senantiasa merindu, apalagi di dalamnya?.

Yah, semoga perjuangan ini dan perjuanganku bisa memperoleh yang terbaik.

Di mana ada kemauan, di situ ada jalan.

Di mana ada kesempatan, janganlah kau sia – siakan namun jangan mencari kesempatan dalam kesempitan.

Terus berjuang dan jangan menyerah!

Klik di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s