UPrak yang melelahkan


Hari Senin, 5 April 2010 secara serentak seluruh angkatan Stemsa’010 mengikuti serangkaian “ritual” menuju kata “lulus” dengan menjalani Ujian Praktik 2010. Ujian ini diakhiri Jumat, 9 April 2010 setelah Jumatan. Mau tau gimana rasanya mengikuti prosesi adat tahunan di setiap sekolahan ini ? Berikut liputannya spesial (g pake telor) untuk visitors semwanya…:-P

Hari Senin aku dan sobat2ku mengikuti Ujian Praktik (UPrak) Kimia di ruang 21, 75 dan 76, adapun yang diujikan berdasarkan undian dengan mata uji :

  1. Perubahan Materi
  2. Reaksi Kimia
  3. Pengaruh Suhu terhadap Laju Reaksi
  4. Pengaruh Konsentrasi terhadap Laju Reaksi
  5. Titrasi

Aku dapet undian Pengaruh Konsentrasi terhadap Laju Reaksi, lumayan guampang, cuman ada sedikit kesalahan teknis, ya bisa dimaklumi. Masalahnya selama menempuh pelajaran Kimia, baru satu kali Praktik!! Ya, gitulah, kurang terfasilitasi kayaknya. Koreksi tuh buat SMK N 2 Yogyakarta, padahal sudah RSBI.

Hari kedua, Selasa 6 April 2010 adalah Olah Raga, semua harus dijalani karena ya emang ketentuannya gitu. Beda dengan kimia yang berdasarkan undian. Keterampilan yang diuji antara lain :

  1. Atletik dengan lari keliling SMK (SMK2 dan SMK3)
  2. Senam (Push dan Sit Up)
  3. Permainan (Pashing Bawah Voli dan Dribling Bola Sepak)
  4. Pengukuran Tinggi badan ujung – ujungnya, (160 cm!!)

Hari ketiga, Rabu 7 April 2010 adalah Fisika, nah ini sudah agak mendingan. Kelasku sudah diberi bocoran soalnya karena soal ini sama dengan tahun kemarin. Ya, walaupun begitu sama nasibnya dengan Kimia karena g pernah praktik. Materi yang diujikan antara lain :

  1. Pengukuran/Penggunaan Alat Ukur ( Mikrometer Sekrup, Jangka Sorong dan Multimeter)
  2. Pengukuran Massa Jenis Fluida
  3. Ayunan Sederhana untuk mengetahui grafitasi
  4. Pembiasan Cahaya  dan Pergeseran Sinar
  5. Pengukuran Tetapan Pegas

Di sini aku mendapat undian nomor 4, yaitu Pembiasan Cahaya dan Pergeseran Sinar. Lumayan menantang karena mata harus mengintip, menusukkan jarum ke steorofoam, lumayan uniklah. Menghitung Indeks bias(n), pergeseran sinar (x). Nah, aku lupa ngitung x-nya..Bu..dapet berapa nih..?

Hari keempat, Kamis 8 April 2010 adalah Pendidikan Agama Islam dengan Ibu Rubiah Retno, S.Ag. di ruang timur aula. Yang diuji antara lain :

  1. Membaca Alquran
  2. Hafalan Surat – surat pendek dan Doa sehari – hari
  3. Menyucikan diri (wudlu, tayyamum, mandi besar)
  4. Shalat Jenazah
  5. Pendapat tentang fenomena sosial seperti pengaruh teknologi, jilbab, bahkan sampai Jodoh!!kwwkwkwkw.

Yah..lumayan lancar, namun ada doa yang belum aku hafal, jadinya ya thethot.

Jumat, 9 April 2010 adalah Bahasa Indonesia dan Kewirausahaan. Bahasa Indonesia katanya berkaitan dengan surat, sedangkan Kewirausahaan adalah menganalisa Ratio Usaha. Semoga lancar dan mendapat nilai maksimal , serta lulus. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s