Selamat Tinggal Stemsa


Tanggal 17 Juni 2010 adalah hari saat suatu perpisahan kan dimulai. Kami, anak STM 1 Jetis ini berangkat ke sekolah yang juga masih mengenakan seragam abu – abu putih, bersilaturahmi untuk mengikuti gladi bersih Wisuda dan Pelepasan Siswa Kelas 3 Tahun Pelajaran 2009-2010. Sebuah acara yang baru pertama kali digelar di sekolah ini.

Bertempat di ruang 11, kami diberi pengarahan oleh bapak Bambang, Sudarto, dan para wali kelas yang mendampingi. Memasuki jam 09.00, barisan kelas lain mulai keluar dari ruang 11 pertanda kelas tersebut selesai, dan giliran kami untuk memasuki ruang teori terbesar di Stemsa tersebut. Kloter ke3 ini diisi oleh kelas TKJ, AV dan Otomotif. Ruangan pun menjadi ramai dan gaduh oleh tingkah para siswa yang hendak dilepas dan kembali hening setelah pengarahan dan penjelasan dimulai.

Intinya hari Kamis saat gladi bersih tersebut, kita diberi penjelasan mengenai ketentuan wisuda dan teknisnya. Hah..mulai terasa menjengkelkan karena kita dituntut untuk diam selama wisuda, ya memang begitu biar terasa khidmat, sakral dan  wah….pokoknya special ga pake telor, acara wisuda perdana ini untuk Stemsa 010.

Tak terasa hari terakhir secara resmi neah…aku kembali ke Stemsa. Sabtu, 19 Juni 2010 kurang lebih 612 siswa kelas 3 menjalani prosesi wisuda di halaman sebelah utara sekolah. Dengan mengenakanseragam abu – abu putih, sabuk dan sepatu hitam, topi SMK, dasi hitam dan berkaos kaki putih, kami disuruh masuk ke ruang teori untuk brifing sebentar, agar saat wisuda kesalahan bisa diminimalisir.

Lalu sekitar pukul 08.00 kami dibariskan satu banjar kaya antrean sembako yang tertib dan bersabar. Kelasku, masuk kelompok A dan merupakan urutan terakhir di kelompok tersebut. Itu artinya, wisudanya paling akhir…hadeh..dan ternyata memang benar, kelasku dipanggil paling akhir. Setelah meleweti lorong-lorong sekolah, tibalah kami di depan halaman sekolah untuk wisuda. Kami memasuki ruang tersebut, dan ternyata di kiri kanan tempat duduk untuk wisudawan wisudawati sudah ramai terisi para tamu undangan, seperti guru, karyawan, VIP, panitia dan tentunya para wali murid kelas3.

Di depan kursi sudah penuh, panggung pun sudah ramai dengan iring-iringan gamelan jawa yang dimainkan oleh anak Kidung Stemsa, manambah kesakralan.Setelah itu, acara dimulai dengan pembukaan, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sebagai bentuk penghormatan, kami para peserta di ruang tersebut dimohon untuk berdiri saat lagu Indonesia Raya dinyanyikan. Lalu setelah duduk, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan seperti dari Ketua Panitia, Kepala Sekolah dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DIY maupun Kota Yogyakarta.

Tibalah saat prosesi wisuda. Satu persatu wisudawan dan wisudawati dipanggil untuk naik ke panggung wisuda. Yah..harus bersabar deh..Dengan tanpa snack, duduk dibawah seng yang lumayan panas dan gerah…akhirnya giliran kelasku TKJ dipanggil dari kelompok A.

Kami diwisuda oleh Pak Kajur, Rohmadi Hidayat dan dibantu oleh wali kelas kami, Bu Padmi. dengan dikalungi samir wisuda dan menerima 1 map yang ternyata cuma fotokopian ijazah dan SKHUN yang belum dilegalisasi dan 1 buah buku Album kenangan anak Stemsa010, dengan foto 3×4 hitam putih gitu..Yah..gak papa.

Dan aku pun selesai di wisuda, langsung menerima SMS dari Masku yang intinya ngajak pulang karena aku sudah selseai di wisuda. Tapi, acara belum usai. Akhirnya pun aku membolos di acara itu. Terpaksa lah, karena masku kebelet lapar…hahaah.

Dan itulah sedikit cerita saat aku wisuda, dan secara resmi pula aku keluar dengan hormat dari SMK NEGERI2 YOGYAKARTA. Terimakasih bapak, ibu guru dan warga SMK 2 yang telah memberikan semuanya kepada kami. Semoga kami sukses.Amin.

2 thoughts on “Selamat Tinggal Stemsa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s