Indonesia Bisa


Logo HUT RI Ke-65

Menjelang satu hari Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, beragam tradisi pun sudah terlihat sejak awal bulan Agustus lalu. Pemasangan umbul – umbul, panji – panji, bendera merah putih, spanduk, pengecatan pagar, pos ronda hingga lomba – lomba dalam memeriahkan HUT RI ke 65 ini. Semua itu dilakukan dan terus dilestarikan tak lain dan tak bukan adalah karena rasa nasionalisme dan patriotisme warga negara ini masih tertanam kuat.

Dari sekian kegiatan di atas, tentunya masih banyak beragam cara untuk memperingati hari jadinya negeri tercinta ini. Sebagian besar rakyat Indonesia pun menyambutnya dengan penuh antusias, begitu juga mereka, WNI yang merantau di negeri orang/tetangga. Para pahlawaan – pahlawan devisa negara, tak lupa memperingati HUT negaranya, Indonesia. Walaupun sebatas mengikuti atau menyaksikan upacara bendera di KBRI atau di depan televisi.

Sedikit mengenang sejarah negeri ini yang diproklamasikan oleh bapak presiden pertama kita, hari Jumat Legi, 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 (maaf kalau salah). Indonesia secara de facto merdeka, bebas dari penjajahan Jepang dan Belanda yang kala itu menjajah Indonesia. Kali ini, suasana perayaan HUT RI Ke-65 pun punya suasana yang sama. Kalau saat proklamasi bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, maka begitu juga untuk kali ini, yang juga bertepatan dengan Ramadhan.

Kembali ke masa kini, saat negara kepulauan terbesar di dunia ini sudah memasuki usia 65 tahun, sebuah usia yang cukup tua untuk seukuran manusia, dan sudah tergolong lansia, apakah negara ini benar – benar sudah bisa memerdekakan diri dalam segala hal? Seperti pendidikan, kedaulatan,kebebasan beragama dan beribadah, merdeka dari kemiskinan, sudahkah cita – cita bangsa ini yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 ini tercapai?yaitu terwujudnya masyarakat Indonesia yang adil, makmur dan sentosa?

Pertanyaan sedikit tentunya, dan masih banyak pertanyaan yang patut untuk dievaluasi dalam suasana HUT RI ini. Dengan semangat, tekad, kerja keras, kompetensi dan dukungan dari seluruh warga dan pemimpin di negeri zamrud khatulistiwa ini, tentunya Indonesia bisa mencapai kemerdekaan yang hakiki dan sebenar-benarnya.

Kita , Indonesia pasti bisa! Tentunya banyak perbaikan dulu di sana – sini agar apa yang ingin dicapai bersama bisa terwujud. Kalau di bahas saya tak sanggup untuk membahasnya sendirian. Buat pengunjung yang membaca postingan ini, kalau punya ide yang wah, jenius, cemerlang mengenai usaha memajukan negeri ini, supaya bangkit dari keterpurukan dan usaha – usaha guna mencapai cita – cita negeri ini, silakan komen..hehe..wah aku dah mumet mikir negara ini. Palagi pak Presiden dkk ya?wkwkwk.

Semangat terus bangsaku, Indonesia Bisa!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s