Syawalan pa makan – makan?


Kamis, 23 September 2010 sekitar jam 10.00 an, saku baju bergetar. Zet zet..zet zet..hp berbunyi. Pertanda ada sms masuk, pasalnya hp ku, ku set silent / getar. Wah ternyata ada sms dari Fasnet. Ternyata berupa undangan syawalan. Asyik..syawalan, selain bisa silaturahmi, saling memaafkan, juga mengenal seluruh karyawan Fasnet.

Dan hari Sabtu tanggal 25 September 2010 adalah hari syawalannya Fasnet. Dalam hati bertanya, ni syawalan og jauh banget dengan hari Idul Fitrinya? Lebaran kan tanggal 10, ni syawalannya tanggal 25. Ya..yang penting masih bulan syawal. Sabtu itu, aku hanya merapikan kabel jaringan, kabel – kabel di ruang A dan sekitarnya. Karena, undangan syawalan jam 12.00 bertempat di rumah makan Muara Kapuas. Kalau dari Jalan Kaliurang, sekitar KM 9,2 ada perempatan, lalu ke kiri kalau dari arah selatan. Ya di sana ternyata tempatnya.

Siang itu, sejumlah karyawan Fasnet dah ngumpul di kantor Fasnet. Ada wajah – wajah baru yang belum aku lihat, mantan karyawan, dll. Setelah seluruh kelas dikunci dan beres, kami pun melesat menuju utara, ke Muara Kapuas. Di tengah teriknya panas matahari, kami berombongan naik motor. Sesampainya di sana, udah ada yang tiba duluan ternyata. Ya..langsung salaman dengan mereka yang udah datang duluan. Setelah rombongan yang lain datang, langsung duduk. Secepat itu pula, pelayan memberikan hidangan pembuka berupa gorengan. Tak terasa, udah habis dilalap oleh kami.. HEheheh..palah ada yang tambah lagi.

Di sana, terlihat beberapa karyawan belum menampakkan batang hidungnya. Ternyata ada yang baru punya urusan pribadi, jadinya terlambat. Ada juga yang kesasar  di Jalan Kaliurang, terlalu jauh ke utara. Hadeh..kasihan. Dan meja makan pun udah penuh dengan hidangan minuman es jeruk dan makanan. Dan setelah cuci tangan dan semua udah kebagian jatahnya, lalu disantap deh. Nyam..nyam..nyam..makasih, udah diberi nikmat seperti ini.

Setelah selesai makan, ada karyawan yang baru datang. Terpaksa mesan sendiri. Tapi..di sesi kedua bagi yang terlambat datang ini, justru menu makanan dan minumannya lebih makmur. Ya..begitu juga karyawan lain, bilang seperti itu. Dari minumannya aja dah beda, lebih mahal. Tapi , tak apa lah, toh aku udah kenyang. Alhamdulillah.

Setelah semua selesai makan, tak kirain ada jabat tangan semacam halal bi halal gitu, tapi ternyata gak ada. Malah ada yang langsung tancap gas, pulang dan pergi ke urusan lain – lain. Terdengar kata – kata, ” Ini bukan syawalan, tapi Makan – makan !”. Ya ..tak apalah. Syawalan yang acara intinya bukan memaafkan, tapi justru syukuran ini tepatnya. Makasih wat manajemen Fasnet atas undangan makan – makannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s