Untuk PJS #3


Menjelang kurang lebih 2 minggu setelah pelantikan (Senin, 18 Oktober 2010), ada perlunya saya sedikit mememberi tahukan kepada BPH OSIS PJS , bahwa kami para FosmOSIS, khususnya saya memantau perkembangan kalian, walaupun via SMS,bahkan datang langsung ke SMK N 2 Yogyakarta .Dan kini, juga perlu penilaian, pengawasan/kontrol dan sharing mengenai OSIS, sehingga yang dulunya kurang baik tidak diulangi lagi, syukur bisa diperbaiki dan jadi yang lebih baik lagi. Amin.

Memasuki dunia keorganisasian, memang butuh sebuah pengorbanan. Baik berupa waktu, tenaga, pikiran bahkan dana, termasuk sikap dan sifat anda, mau tidak mau diberikan/ditampilkan di OSIS ini. Di sini, anda semua akan merasakan, bagaimana meninggalkan pelajaran demi melaksanakan apa yang telah menjadi tanggung jawab OSIS. Namun, dengan rasa komitmen yang tinggi, kerja sama, kompak dan mulai membangun kekeluargaan, pasti bisa melalui itu semua. Ya, sebagai catatan, jangan sampai anda terganggu belajarnya tentunya, bisa disiasati dan diminimalisir kerugian bila anda meninggalkan pelajaran.

Sebagai alumni, mungkin saya hanya bisa menilai, memberi masukkan, kritik, ide dan evaluasi atas apa yang telah dan kini tengah kalian lakukan. Terkadang, penyampaiannya saja yang kurang tepat. Sehingga, ada sedikit kesalahpahaman antara saya dengan kalian. Mengenai itu saya minta maaf, begitu juga dengan alumni yang lain. Maaf ea..apalagi sampai terbawa emosi, sehingga tidak bisa memilah – milah mana masala pribadi, dan mana masalah organisasi, bahkan terkadang masalah pribadi terbawa ke organisasi/OSIS.

Berkaca pada kasus sepele, mungkin bisa mengubah kepribadian seseorang secara drastis. Dari segi keilmuan matematika, boleh dibilang berubahnya 180 derajat. Penyebabnya apa?masalah sepele dan kesalahpahaman. Adanya kesalahpahaman tersebut, mungkin membuat si “X” jadi minder, mutung, putus ada, merasa tak dianggap dan sebagainya. Sehingga , kalau saya mencoba untuk mengklarifikasi perihal tersebut, dia acuh dan jutek.

Nah, sedikit masalah tersebut, hendaknya bisa dihindari agar komunikasi dan silaturahmi antar BPH bisa tetap jalan dan tanpa ada masalah yang mengikuti. Dengan komunikasi yang terjalin dengan baik, insyAllah kinerja OSIS di periode 2010/2011 bisa lebih baik. Dari komunikasi yang baik pula, kekompakkan, rasa solidarias, senasib sepenanggungan, empati/simpati, akan sedikit demi sedikit terbangun. Begitu pula dalam kinerjanya, ada dampak yang signifikan dan positif bila OSIS bekerja dengan nilai – nilai tersebut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s