Memaknai Hari HAM


Penegakkan HAM
Penegakkan HAM

Bagi sebagian aktivis atau pun pengamat yang peka akan segala sesuatu yang terjadi di sekitar kita, merasa ingin memberikan kontribusi yang positif, tentu tahu, ada apa dengan hari ini yang bertepatan dengan tanggal 10 Desember 2010. Yah..mungkin banyak pihak yang melupakan atau belum tahu, atau justru tidak tahu bahwa tanggal 10 ini adalah Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia.

Setelah kemarin tanggal 9 Desember 2010 kita memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia dengan diwarnai demonstrasi di berbagai daerah, kini hari Jumat ini tiba untuk sedikit memaknai Hari HAM Sedunia. Kita semua diserukan untuk membela Hak Asasi Manusia (HAM) untuk kehidupan yang lebih baik. Demikian seruan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (Sekjen PBB) Ban Ki Moon pada hari Kamis, 9 Desember 2010 untuk memperingati Hari HAM Sedunia yang jatuh setiap tanggal 10 Desember seperti yang dilansir mediaindonesia.com.

Di balik apa yang tengah terjadi dengan ratusan bahkan ribuan kasus pelanggaran HAM yang ada di Indonesia khususnya, termasuk warga negaranya yang mungkin menjadi korban pelanggaran HAM di negara lain, seharusnya kita bisa memberikan “sedikit” bantuan untuk mengurangi jumlah kasus pelanggaran HAM. Yang rata – rata tak sedikit kasus – kasus tersebut menguap di tengah jalan. Hal ini mengakibatkan dampak yang cukup serius bagi korban pelanggaran HAM.

Akhir – akhir ini, masyarakat kita dihebohkan dengan kasus penganiayaan TKI di Arab Saudi, Sumiyati. Betapa lemahnya perlindungan hak – hak para penyumbang devisa negara tersebut di negeri perantauan. Harusnya, di mana pun kita berada, kita tetap mempunyai HAM tersebut. Tapi entah mengapa, terkadang karena para TKI kita melakukan kesalahan, hal itu menyebabkan para majikan “lupa” bahwa sang TKI juga mempunyai perasaan dan hak asasinya. Karena para majikan lupa dengan HAM si korban, maka tak segan – segan para majikan menyiksa para TKI tersebut.

Lantas, apa yang bisa dilakukan oleh kita yang mungkin tak punya wewenang dan kuasa untuk memberikan pemikiran ataupun bantuan langsung untuk mengurangi dampak dan korban pelanggaran HAM? Di sinilah apa yang sedikit bagian dari HAM bisa kita berikan. Kita punya hak untuk berpendapat, berserikat dan tentunya dengan hak – hak tersebut kita bisa sedikit memberikan pemikiran dan usulan kita untuk memperjuangkan HAM yang sering ditindas oleh para kaum berdompet tebal.

Kita bisa bergabung dalam forum – forum yang diadakan oleh organisasi tertentu yang bergerak di bidang perlindungan hukum, komisi perlindungan  kekerasan terhadap wanita dan anak – anak, Lembaga Bantuan Hukum, dsb. Tentunya kalau ada dan saya yakin ada. Tinggal bagaimana kita mau mencari dan menemukan organisasi – organisasi tersebut. Sehingga, di sana kita bisa memberikian pemikiran atau solusi terbaik untuk mengurangi dampak dan korban pelanggaran HAM.

Walaupun kita sudah punya peraturan seperti UU, Peraturan Pemerintah, TAP MPR bahkan di dalam UUD 1945 telah tertuang banyak pasal yang mengatur tentang HAM, namun jika aparat terkait seperti polisi sebagai penyidik, penegak hukum , jaksa dsb kurang dalam penegakkan hukum, pastinya rakyat kecil yang menjadi korban HAM lah yang mendapat akibat paling serius. Masih rendahnya nilai penegakkan hukum di Indonesia, sering menindas rakyat kecil ini lah yang seharusnya di babat habis guna menjadikan Indonesia yang benar – benar sebagai negara hukum.

Nah, itu tugas pemerintah dalam hal menegakkan supremasi hukum yang berkaitan dengan HAM. Lalu kita sebagai generasi muda, apa sih sedikit kontribusi yang kita bisa berikan untuk menegakkan HAM di Indonesia ini? Momentum hari HAM ini setidaknya membuat kita lebih menghargai hak asasi orang lain, menggunakan hak kita sesuai dengan kapasitasnya dan harus disertai tanggung jawabnya, dsb.

Mengikuti lomba menulis esay atau karya tulis lain untuk memperingati hari HAM, dengan isi di dalamnya memuat sedikit solusi adalah salah satu contoh partisipasi kita sebagai generasi muda untuk memaknai dan memperingati hari HAM ini. Banyak para mahasiswa yang mungkin hari ini berdemonstrasi menuntut penyelesaian dan perlindungan HAM di berbagai daerah, juga merupakan langkah nyata untuk memberikan kontribusi terhadap kasus – kasus pelanggaran HAM.

Semoga penegakkan HAM di Indonesia tercinta, benar – benar bisa tegak , adil, jujur dan terselesaikan dengan baik tanpa merugikan atau menambah derita korban pelanggaran HAM. Amiin. Semangat kawan.

 

<< Beranda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s