Pelayanan E-KTP di Kecamatan Depok


Hari Rabu, 5 Oktober 2011 adalah hari pertama pelaksanaan program nasional KTP Elektronik (E-KTP) secara massal di Kabupaten Sleman. Tanggal ini juga secara serentak di seluruh kecamatan melaksanakan perekaman data E-KTP. Setelah sebelumnya dilakukan beberapa kali uji coba E-KTP, maka mau tidak mau bagi seluruh kecamatan yang sudah siap, baik dari segi alat, SDM dan teknis, harus memulai program nasional dari Kementrian Dalam Negeri RI tersebut.

Tak ketinggalan Kecamatan Depok pun turut memulai bersama – sama kecamatan lain untuk melaksanakan program massal secara gratis tersebut. Terkait persiapan, awalnya terdapat beberapa permasalahan yang cukup membuat pemikiran secara lebih dalam, antara lain keterbatasan SDM, jumlah wajib KTP yang mencapai 130.000 lebih, tempat perekaman data, dsb.

Dari segi keterbatasan SDM, jumlah operator selama ini 4 orang. Sehari – harinya melayani KTP reguler dengan jumlah rata – rata 120an KTP reguler. Bila program E-KTP ini berjalan, maka harus ada dua 0rang yang di E-KTP. Sehingga, pelayanan KTP reguler yang selama ini di-hendel oleh 4 orang harus di-hendel oleh 2 orang, sisanya melayani E-KTP.

Apalagi, pada pelatihan bimbingan teknis mengenai E-KTP, sewajarnya satu alat /PC E-KTP dipegang oleh dua orang. Itu artinya, dengan 2 alat yang diberikan, harus ada 4 orang. Sementara jumlah petugasnya juga hanya dua orang. Di sinilah permasalahan mengenai SDM. Akhirnya di putuskan yang di reguler 2 orang, di E-KTP 2 orang. Bantuan operator pun turun, dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sleman menugasnya 1 orang stafnya untuk membantu operator KTP reguler di Kecamatan Depok. Alhamdulillah ya…(syahrini mode on). Di sini saya ucapakan terimakasih kepada Capil yang memperhatikan Depok.

2 thoughts on “Pelayanan E-KTP di Kecamatan Depok

  1. saya & keluarga adalah penduduk caturtunggal depok sleman sampai sekarang (16 maret 2012) belum dapat undangan enrollment e-ktp, padahal setahu saya 30 april 2012 program e-ktp masal dan gratis akan berakhir. kalau melihat dari tulisan saudara bahwa di kecamatan depok yg melayani 130.000 lebih penduduk wajib ktp hanya ada 2 alat dan 4 operator (+1 dari capil) saya pesimis akan mendapat undangan enrollment e-ktp sebelum 30 april. saya sendiri adalah operator e-ktp di salah satu kecamatan di kota jogja. saya dan teman-teman operator e-ktp di kecamatan di kota jogja pernah melayani enrollment e-ktp pada hari sabtu dan minggu, dari jam 8 pagi sampai malam (saya sendiri pernah melayani sampai jam 10 malam). di kecamatan tempat saya bertugas ada 2 alat dan 5 operator, ditambah bantuan mahasiswa kkn dari sebuah pts di jogja. saya tidak tahu kebijakan di sleman apakah enrollment e-ktp hanya dilakukan pada hari kerja dan jam kerja saja atau sabtu-minggu dari pagi sampai malam juga dilakukan enrollment.

    1. Terimakasih atas komentarnya. Desa Caturtunggal merupakan desa dengan jumlah wajib ktp terbanyak. Semua undangan yang ada (dari Disdukcapil) sudah didistribusikan ke desa untuk diteruskan ke pedukuhan. Undangan sudah disampaikan s.d 30 april. Untuk sementara, hanya dilayani di jam kerja. Namun, pada proses perjalanan waktu, selama bulan April hari sabtu buka. Kebijakan di setiap kabupaten mungkin berbeda mengenai jam pelayanan perekaman e-KTP. Kami di sini baru bisa melayani ya di jam kerja pada awalnya. namun, mulai akhir April 2012 jumlah operator sudah mencapai 18 orang dengan 12 alat.
      Sedangkan waktu perekaman diperpanjang sampai Juni 2012 (yang massal , dengan undangan). Untuk yang belum mendapatkan undngan prekaman e_KTP sd April 2012, bisa mengumpulkan fotokopi Kartu Keluarga dan KTP untuk dikumpulkan di pedukuhan masing-masing, lalu data akan dicek di database SIAK untuk diinjek ke database e-KTP oleh Disdukcapil. Lalu diterbitkan surat undangan susulan untuk prekaman e-KTP.
      Begitu juga untuk kasus yang mendapat undangan, datang di kecamatan ternyata data di e-KTP belum ada, juga mengumpulkan fc KK/KTP di pedukuhan. Dari fc KK tsb, data dientry dulu, lalu diinjek oleh DIsdukcapil dan diterbitkan undangan susulan.
      Semoga anda bisa terlayani dan sudah trlayani perekaman e-ktp. Maaf atas ketidaknyamananya dalam perekaman e_KTP di kecamatan Depok.
      Makasih pak atas kunjungan di blog saya.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s