Latihan PraPDT


Dalam rangka persiapan mengikuti kegiatan peran serta yang dilaksanakan oleh Kwarcab 1205 Kota Yogyakarta yaitu Pengembaraan Desember Tradisional (PDT), di tengah suasana libur 1 Muharram anak – anak Dewan Ambalan Diponegoro – Tjut Njak Dhien mengadakan kegiatan pelatihan. Acara yang diselenggarakan oleh BPH ini dilaksanakan pada hari Kamis, 15 November 2012 dengan start Pangkalan SMK N 2 Yogyakarta.

Kegiatan latihan pengembaraan ini diikuti oleh kurang lebih 27 Penegak dari kelas X dan XI. Membawa tas ransel sebagai wadah beban, latihan ini seolah – olah kita mengembara layaknya pengembaraan yang biasanya dilakukan. Kegiatan yang melatih fisik ini, dilakukan sekitar pukul 8.00. Para penegak diberikan beban dengan membawa batu bata kurang lebih 4-6 buah untuk dibawa selama perjalanan.

Sebelum latihan dimulai, sebelumnya dilakukan pemanasan agar otot kendor dan tidak terjadi kram. Setelah itu, saya yang tujuan awalnya hanya mengantar adek saya yang turut serta dalam kegitan tersebut, dimnta oleh Pemangku Adat 0261 untuk memberikan semacam semangat pagi sebelum kegiatan dimulai. Setelah itu, yel – yel penyemangat pun menggema di depan aula sekolah.

Dengan Komja (Komando Jalan) sang PA, acara latihan pengembaraan dimulai dengan berbaris 2 bershaf menuju daerah Komplek AAU Blok O, perempatan Ringroad Timur, Wonocatur, Banguntapan, Bantul.  Saya pun turut serta dalam kegiatan tersebut dengan mengendarai sepeda motor dan bertugas mendokokumentasi kan kegiatan tersebut.😀 Adapun rute perjalanannya adalah SMK N 2  Yogyakarta – Perempatan Jetis – Jl. Prof. Dr. Sarjito – Perempatan Mirota Kampus – Bunderan UGM – Jl. Kolombo – UNY – Jl. Gejayan – Komplek Demangan – Ambarrukmo Plaza – Pedukuhan Ambarrukmo Caturtunggal Depok Sleman – Pedukuhan Gowok CT Depok – memasuki wilayah Banguntapan – Kampus STMIK AKAKOM – Ring Road Timur Komplek AAU Blok O.

Di komplek AAU ini para peserta beristirahat untuk menikmati bekal yg telah dibawa. Namun, tentunya selama perjalanan juga tak lupa beristirahat. Setelah sholat Dzhuhur di Mushola Nurul Huda, sekitar kawasan Pasar Bantengan, acara pun dilanjutkan lagi dengan berjalan kaki menuju Perempatan Gedong Kuning – Jl. Kusumanegara – Kebun Binatang Gembira Loka – Perempatan SGM – SMA 8 Yk/SMK N 5 Yk – Jl. Kenari – Balai Kota – Mandala Krida- Baciro – Lempuyangan – Fly Over Lempuyangan – Kota Baru – Perempatan Gramedia – Jl. Jendral Sudirman – Simpang 4 Tugu – Jl. A.M Sangaji – Perempatan Jetis – Kampus SMK N 2 Yogyakarta.

Ya sebuah perjalanan yang melelahkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s