Pengajian PRM Ambarketawang


 

Glagah Indah Minggu-09122012 (3)Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Ambarketawang, mempunyai agenda rutin di malam tanggal 15 di setiap bulannya. Kegiatan tersebut adalah pengajian yang disering disebut dengan Pengajian Padang Bulanan. Pengajian ini digelar di tempat yang berbeda di setiap kesempatan. Berotasi setiap bulan sekali, dan pada gilirannya, Padukuhan Kalimanjung, Ambarketawang, Gamping, Sleman mendapat giliran sebagai tuan rumah pengajian tersebut.

Pengajian padang bulanan kali ini, diadakan pada hari Jumat, 28 Desember 2012 di Mushola Al Barokah, yang masuk di wilayah RT 02/RW 31 Padukuhan Kalimanjung. Di tengah guyurun limpahan rahmat Illahi berupa air hujan, pengajian kali ini mendatangkan Ustadz sekaligus berprofesi sebagai dosen di beberapa kampus Islam di Yogyakarta, Bapak Drs. H. Kamiran Komar, M.Pd.

Setelah diawali dengan pembukaan dan pembacaan kalam Illahi oleh Bapak Iwan, pengajian dilanjutkan terlebih dahulu dengan sambutan Ketua Takmir Mushola Al Barokah, Bapak Sriyana, S.Pd. , kemudian sambutan Kepala Dukuh Kalimanjung, Bapak Mujiono. Dalam sambutannya, Ketua Takmir menjelaskan sedikit sejarah Mushola, kegiatan yang ada di Mushola, serta tak lupa ucapan selamat datang kepada para jamaah pengajian.

Lebih lanjut, Kepala Dukuh Kalimanjung juga menyambut kedatangan para pengurus PRM Ambarketawang, Ustadz serta para jamaah yang hadir, juga ucapan terima kasih atas kedatangannya, meskipun hujan cukup deras turun, tetapli tidak menyurutkan niat para jamaah untuk mendengarkan siraman rohani dari Ustadz Drs. H. Kamiran Komar, M.Pd.

Andri Afriyanto menjadi MC dalam Pengajian
Andri Afriyanto menjadi MC dalam Pengajian

Menginjak pada pengajian inti, Pak Kamiran mengawalinya dengan definisi Taqwa. Meskipun taqwa sering kali dijelaskan oleh khotib, penceramah, dan ustadz, namun karena Pak Kamiran menganggap bahwa beliau tidak tau latar belakang masyarakat setempat di lingkungan Mushola dan para jamaah yang hadir, terkait tingkat pengetahuan, pendidikan, sosial budayanya seperti apa, maka materi dasar tersebut tak ada salahnya kembali diulas pada malam itu.

Meskipun taqwa adalah dasar dalam dimulainya ibadah, menyembah Sang Rabb, namun pada kenyataannya tak sedikit umat yang belum mampu mempraktekkannya secara benar – benar, apa itu arti taqwa yang sesungguhnya. Pak H. Kamiran memaparkan arti taqwa dengan menjaga diri, baik menjaga diri dari perbuatan yang dilarang oleh Allah dan Rasulnya, maupun menjaga lingkungan, seperti kebersihan lingkungan, menanam pohon, penghijauan, menjaga kebersihan, dsb., termasuk menjaga lisan.

Beberapa kali beliau sering mencontohkan kisah nyata tentang pentingnya menjaga diri jika dikaitkan dengan taqwa. Mengingat taqwa juga bisa diartikan secara sederhana menjalankan setiap perintah-Nya dan menjauhi semua larangan – larangan-Nya. Jika umat sudah paham dan menjalankan taqwa, niscaya setiap amal perbuatan akan bermuara kepada kebaikan, kebajikan dan hanya mengharap ridho Allah SWT, bukan karena hal lain.

Sekitar pukul 21.30 akhirnya pengajian usai, dilanjutkan dengan beberapa informasi dari pihak ranting Muhammadiyah Ambarketawang. Tak lupa, sebagai ending tentunya ditutup dengan mengucap syukur alhamdulillah sebagai wujud nyata taqwa, yaitu mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah SWT karena lancarnya kegiatan pengajian malam itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s