Merubah mind set : butuh perjuangan


PEDUKUHAN KALIMANJUNGSebagai Padukuhan yang diharapkan punya Sumber Daya Manusia yang mampu memajukan daerahnya, sudah sepantasnya pemuda – pemudi mampu menunjukkan kontribusinya dalam hal merubah keadaan yang selama ini dipandang kurang maju, menjadi lebih maju. Mengubah situasi yang selama ini kurang agamis dan hijau, perlahan dan sedikit demi sedikit kawasan ini menjadi agamis dan hijau. Lebih tertata, dinamis, berwawasan lingkungan, dsb.

Seperti halnya keadaan masyarakat di padukuhan ini. Sepertinya kesadaran masyarakat dalam hal beribadah, pengelolaan sampah, dsb masih jauh dari harapan. Adanya SDM yang sebenarnya banyak, namun kurang diberdayagunakan dan digerakkan, ternyata hasilnya juga sama saja. Semakin hari, potensi pemuda yang katanya sebagai generasi penerus bangsa, ternyata minim kontribusinya untuk memajukan desa tercinta.

Sebenarnya, jika ada motor penggerak tentunya pemuda di sini bisa berkembang maju dan pesat. Pemuda adalah generasi yang sangat potensial mengubah keadaan. Banyak sejarah mencatat, peran pemuda dalam segala hal memang mutlak dibutuhkan. Karena, kita sebagai pemuda, punya ide – ide kreatif. Punya semangat juang, tenaga dan pikiran yang lebih luas jika dibandingkan dengan anak – anak ataupun orang tua. Nah, sebenarnya di sini pula, benar perkataan Bung Karno, ” Berikan aku sepuluh pemuda, akan kuguncang dunia”.

Begitu dahsyatnya kekuatan pemuda, hanya dengan 10 orang saja, dunia mampu tergoncang. Artinya apa, di sini sumbang sih pemuda untuk mengubah zaman sangat bisa terjadi. Tinggal pembinaan, dorongan, motivasi dan dukungan lahir batin dari golongan orang tua dan masyarakat Insya Allah, Desa Kalimanjung mampu menjadi desa yang lebih baik. Kampung yang punya generasi muda kreatif, enerjik, inovatif, berwawasan luas, berpendidikan, bermartabat, berguna bagi segala hal, dan Desa yang baldatun thoyyibah warrabur ghafur pun akan tercapai.

Beruntungnya lagi, di bulan Desember 2012 sampai Januari 2013 ini, ada bala bantuan 40 mahasiswa yang melakukan Praktek Kerja Lapangan dari STIKES ‘AISYIYAH yang mengabdikan diri membantu mengembangkan Dukuh Kalimanjung untuk bisa lebih baik lagi. Beragam kegiatan mulai dari studi kasus guna mencari permasalahan – permasalahan yang ada di Kalimanjung, mencari solusinya dan menjalankan solusi tersebut untuk memaintenance Kalimanjung pun sebenarnya sudah ada. Program Kerja yang sangat baik, sesuai prioritas permasalahan yang ada, pemecahan masalah, memang sudah ditetapkan. Tinggal action sama dukungan dari seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya dukungan dari pihak pemuda.

Selama kurang lebih 2 bulan, kita tunggu hasil nyatanya. Perjuangan yang selama ini dilakukan dengan mengabdikan diri pada masyarakat, semoga bisa diterima masyarakat. Pola Pikir masyarakatnya yang sedikit demi sedikit bisa diubah ke arah yang lebih baik. Semoga pula, pemuda di sini mampu memberikan kontribusi nyata untuk turut serta dan ikut andil membantu masyarakat. Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s