Selamat Datang 2014


Sejatinya pergantian tahun adalah pertanda bahwa kiamat semakin dekat. Pendapat tersebut memang ada benarnya. Namun, di sisa hidup yang terbatas ini sudah seharusnya diisi dengan kebaikan dan amal ibadah. Bukan begitu? Tak terasa tahun 2013 sudah ditinggalkan dan kini memasuki tahun 2014. Menyambut pergantian tahun tersebut, biasanya banyak orang merayakannya dengan begadang, hura-hura, bahkan terkadang menjurus ke perbuatan melanggar norma dan aturan.

Malam pergantian tahun baru dibeberapa negara bahkan di Indonesia sendiri rata-rata digelar dengan pesta kembang api dan meriahnya dunia gemerlap malam. Langit-langit dihiasi aneka warna indah lampu kembang api yang notabene banyak yang beranggapan bahwa menyalakan kembang api, petasan ataupun mercon adalah aktivitas “mbakar duit”, buang-buang duit dan mubadzir.

Di tengah-tengah kemeriahan pesta kembang api, di Jogjakarta sendiri sudah diawali dengan Pekan Perayaan Pasar Malam Sekatenan yang akan berlangsung hingga 14 Januari mendatang. Kerumunan warga mulai memadati Alun-Alun Utara sejak sore hari hingga larut malam. Tanggal 31 Desember merupakan hari yang ditunggu-tunggu warga Jogja tentunya dalam menyambut tahun baru. Namun, Jogja harus berduka karena kehilangan tokoh trah Keraton  Ngayogyakarta Hadiningrat , yaitu GBPH Joyokusumo yang merupakan adik dari Sri Sultan HB X sekitar pukul 17.00 di RS Medistra Jakarta.

Dengar-dengar kabar pada malam pergantian tahun itu, masyarakat dihimbau untuk tidak menyalakan petasa, mercon atau kembang api untuk menghormati adik Sri Sultan yang wafat. Hal ini sebagai bentuk rasa turut berduka cita. Namun, tak sedikit juga yang tak tahu himbauan tersebut dan tetap menyalakan pesta kembang api. Di kawasan Jalan Malioboro pun biasanya ada beberapa panggung untuk menyambut tanggal 1 Januari 2014. Namun, menurut informasi dari teman-teman tidak ada panggung hiburan rakyat. Entah mengapa.

Yang jelas kini sudah berganti tahun. Banyak orang yang menulis atau menanyakan resolusi untuk tahun 2014. Sebenarnya apa sih resolusi itu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s