Kumpulan Teori Administrasi Publik


PENGANTAR

Pengertian Teori Administrasi Publik

            Menurut Kerlinger dalam Pasolong (2011:9) teori adalah serangkaian konstruk (konsep), batasan, dan proposisi, yang menyajikan suatu pandangan sitematis tentang fenomena dengan fokus hubungan dengan merinci hubungan-hubungan antar variabel, dengan tujuan menjelaskan dan memprediksi gejala itu. Sedangkan menurut Pasolong (2011 : 10) teori adalah pernyataan atau konsep yang teruji kebenarannya melalui riset[1].

Istilah Administrasi secara etimologi berasal dari bahasa Latin (Yunani) yang terdiri atas dua kata yaitu “ad” dan “ ministrate” yang berarti “to serve” yang dalam Bahasa Indonesia berarti melayani atau memenuhi[2]. Sedangkan pendapat A. Dunsire yang dikutip ulang oleh Keban (2008 : 2) administrasi diartikan sebagai arahan, pemerintahan, kegiatan implementasi, kegiatan pengarahan, penciptaan prinsip-prinsip implementasi kebijakan publik, kegiatan melakukan analisis, menyeimbangkan dan mempresentasikan keputusan, pertimbangan-pertimbangan kebijakan, sebagai pekerjaan individual dan kelompok dalam menghasilkan barang dan jasa publik, dan sebagai arena bidang kerja akademik dan teoritik[3].

[1]Harbani Pasolong, Teori Administrasi Publik(Bandung: Alfabeta, 2011), hlm. 10.

[2]ibid. hlm. 2-3.

[3]Pendapat A. Dunsire terebut dikutip oleh Denovan dan Jackson (1991 : 9) yang menunjukkan variasi batasan tentang “administrasi” yang dikutip ulang oleh Yeremias. T. Keban. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik. Konsep, Teori Dan Isu. (Yogyakarta : Gava Media, 2008), hlm. 2.

Detail :03 Tugas Teori AP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s